Kamis, 18 Januari 2024

MAKALAH IRAMA (RITME) (DESAIN GRAFIS)

 

MAKALAH

IRAMA (RITME)

 

Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata pelajaran

“Dasar Desain Grafis”

Description: D:\pindahan donload\ihya.jpg

Disusun Oleh :

KELOMPOK 1

§  SAEPATUL

§  SANTI

§  MARHAMAH

§  LISA PUSPITASARI

§  ROHMAN

§  ALI ALFAUJI

 

 

SMK AL-IHYA KADURONYOK – PANDEGLANG

TAHUN AJARAN

2023/2024


KATA PENGANTAR

 

                  Puji syukur kami ucapkan kehadirat Allah SWT atas segala rahmat-Nya sehingga makalah ini dapat tersusun sampai dengan selesai. Tidak lupa kami mengucapkan terima kasih terhadap bantuan dari pihak yang telah berkontribusi dengan memberikan sumbangan baik pikiran maupun materinya.

Penyusun sangat berharap semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi pembaca. Bahkan kami berharap lebih jauh lagi agar makalah ini bisa pembaca praktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Bagi kami sebagai penyusun merasa bahwa masih banyak kekurangan dalam penyusunan makalah ini karena keterbatasan pengetahuan dan pengalaman Kami.

Untuk itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.

 

Menes, 25 Oktober 2023

 

 

Penyusun


 

DAFTAR ISI

 

KATA PENGANTAR______________________________________________ i

DAFTAR ISI_____________________________________________________ ii

BAB I PENDAHULUAN___________________________________________ 1

A.    Latar belakang_______________________________________________ 1

B.     Rumusan masalah_____________________________________________ 1

C.     Tujuan______________________________________________________ 1

BAB II PEMBAHASAN____________________________________________ 2

A.    Pengertian Desain_____________________________________________ 2

B.     Pengertian Irama (ritme)________________________________________ 2

C.     Prinsip Irama (ritme)___________________________________________ 3

BAB III PENUTUP________________________________________________ 4

A.    Kesimpulan__________________________________________________ 4

DAFTAR PUSTAKA


 


BAB I

PENDAHULUAN

 

A.    Latar Belakang

Pada  saat  ini,  peranan  desain  dalam  segala  bidang  usaha  sangat dibutuhkan. Karena desain adalah proses awal atau rancangan yang menjadi dasar pembuatan suatu benda. Tanpa adanya sebuah desain dapat di mungkinkan  segala sesuatu menjadi kurang menarik. Oleh karena itu desain haruslah memiliki unsur kreatifitas dan inovasi agar lebih menarik.

Sebagian besar orang pasti mengetahui atau minimal pernah mendengar kata desain. Tapi banyak yang belum mengerti apa itu desain, prinsip desain dan lain-lain yang berkaitan dengan desain. Maka dari itu. Melalui makalah ini, kami selaku penulis ingin menjelaskan tentang desain

 

B.     Rumusan Masalah

1.            Apa Pengertian Desain

2.            Apa Pengertian Irama (ritme)

3.            Bagaimana Prinsip Irama (ritme)

 

C.    Tujuan Penulisan 

1.            Untuk mengetahui Pengertian Desain

2.            Untuk mengetahui Pengertian Irama (ritme)

3.            Untuk mengetahui Prinsip Irama (ritme)

 


D.     

BAB II

PEMBAHASAN

 

A.    Pengertian Desain

Desain biasa diterjemahkan sebagai seni terapan, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya.Dalam sebuah kalimat, kata “desain” bisa digunakan baik sebagai kata benda maupun kata kerja.Sebagai kata kerja, “desain” memiliki arti “proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru”. Sebagai kata benda, “desain” digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk obyek nyata.

 Pada dasarnya desain merupakan pola rancangan yang menjadi dasar pembuatan suatu benda. Desain merupakan langkah awal sebelum memulai membuat suatu benda, seperti baju, website, bangunan, dll. Pada saat pembuatan desain biasanya mulai memasukkan unsur berbagai pertimbangan, perhitungan, cita rasa, dll. Sehingga bisa dibilang bahwa sebuah desain merupakan bentuk perumusan dari berbagai unsur termasuk berbagai macam pertimbangan di dalamnya

Berikut ini adalah pengertian dan definisi desain:

1.      Dudy Wiyancoko , “Desain adalah segala hal yang berhubungan dengan pembuatan konsep, analisis data, project planning, drawing/rendering, cost calculation, prototyping, frame testing, dan test riding”.

2.      Dedi Nurhadiat, “Desain adalah perencanaan untuk mewujudkan suatu gagasan’.

 

B.     Pengertian Irama (ritme)

Irama (ritme) dapat kita rasakan. Ritme terjadi karena adanya pengulangan pada bidang/ruang yang menyebabkan kita dapat merasakan adanya perakan, getaran, atau perpindahan dari unsur satu ke unsur lain. Gerak dan pengulangan tersebut mengajak mata mengikuti arah gerakan yang terjadi pada sebuah karya.

 

C.    Prinsip Irama (Ritme)

Prinsipnya adalah, jangan selalu membuat setiap elemen tersebut dengan ukuran yang sama dan dengan jarak yang sama. Berikan variasi terhadap ukuran, posisi dan jaraknya agar efek bergerak terjadi. Jika ingin menggunakan ukuran objek yang sama, maka berikan variasi pada posisi dan warnanya. Jika ingin membuat objek dengan warna yang sama, maka variasikan ukurannya. Begitulah seterusnya, tetap harus ada variasi dari salah satu aspeknya. Misalnya anda membuat sebuah bidang geometris segitiga. Buatlah beberapa segitiga dengan beberapa ukuran, lalu atur posisinya secara dimanis. Bila perlu, juga mengikuti sebuah pola gerak tertentu. Begitu juga jika anda ingin memberikan irama pada warna, berikan gradasi warna pada objek atau bagian yang ingin anda berikan efek bergerak. Contohnya seperti gambar dibawah ini:

Description: Pengertian Irama pada Prinsip Desain dan Contohnya

Irama melalui variasi ukuran dan posisi garis dan bidang

Description: Pengertian Irama pada Prinsip Desain dan Contohnya

Irama melalui permainan ukuran, posisi dan gradasi warna

 


 

BAB III

PENUTUP

A.    Kesimpulan

Irama (ritme) dapat kita rasakan. Ritme terjadi karena adanya pengulangan pada bidang/ruang yang menyebabkan kita dapat merasakan adanya perakan, getaran, atau perpindahan dari unsur satu ke unsur lain. Gerak dan pengulangan tersebut mengajak mata mengikuti arah gerakan yang terjadi pada sebuah karya.

Prinsipnya adalah, jangan selalu membuat setiap elemen tersebut dengan ukuran yang sama dan dengan jarak yang sama. Berikan variasi terhadap ukuran, posisi dan jaraknya agar efek bergerak terjadi. Jika ingin menggunakan ukuran objek yang sama, maka berikan variasi pada posisi dan warnanya.


 

DAFTAR PUSTAKA

 

Carramedia.blogspot.com.2023. Prinsip-Keseimbangan-Desain https://carramedia. blogspot.com /2018/09/prinsip-keseimbangan-desain.html. diakses pada tanggal 25 Oktober 2023

https://sentratugas.blogspot.com/2018/01/makalah-tentang-prinsip-prinsip-desain.html diakses pada tanggal 25 Oktober 2023

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar